Upacara? Sebuah film pendek tentang nilai karakter dan semangat juang di MTs Askhabul Kahfi


UPACARA? Bolehkah?

Tentu saja boleh karena upacara adalah salah satu wujud rasa syukur kita kepada Allah atas negeri yang merdeka ini. Tanah yang telah diperjuangkan selama bertahun tahun oleh para pejuang dahulu.


Sejak lama Indonesia sudah menjadi bangsa beragama bahkan jauh sebelum merdeka. Mulai dari zaman Walisongo yang tidak hanya menyebarkan agama, tapi mengajak pribumi untuk mencintai bangsa mereka sendiri dengan menggunakan kebudayaan mereka sendiri. Kemudian para Ulama kyai serta para santri yang gigih berjuang melawan para penjajah. Hingga puncaknya pada 1945, dengan ikut andil dalam perumusan pancasila dan UUD 1945. Namun perjuangan belum selesai. Setelah itupun, mereka masih harus berjuang mempertahankan negara ini dari rongrongan pihak asing yang mau menguasai negeri ini. Para Santri yang belajar agam rela ikut bertempur demi membela negara ini. karena agama tanpa negara tidak akan berjalan.


Ketika penjajah benar-benar pergi, para santri akhirnya bisa menuntut ilmu agama dengan tenang. namun sekali lagi, perjuangan belum selesai. Pendidikan akan berbangsa dan bernegara masih harus tetap dilestarikan. Karena pendidikan keagamaan tanpa diiringi didikan akan kenegaraan hanya akan menghasilkan kekacauan.Jiwa agamis dan nasionalis, itulah yang diidamkan para peletak pondasi negara ini. Jiwa yang selalu mengingat perjuangan para pendahulunya. jiwa dengan semangat perjuangan 45!


Hubbul wathon Minal Iman!

Itulah jargon yang selalu dikumandangkan para santri, termasuk MTs Askhabul Kahfi. Cinta tanah air sebagian dari iman. itulah semangat perjuangan yang ditanamkan oleh para pejuang dan ulama terdahulu dalam mewujudkan kemerdekaan di tanah air ini.